Kamis, 08 Agustus 2019

Sejauh mana produktivitas anda

Bismillah…

Dikarenakan berbisnis online tidak terikat oleh waktu terkadang membuat kita bias akan jam kerja.
 
Namun masalahnya meski sudah menghabiskan waktu banyak di akhir waktu kita merasa tidak menyelesaikan apa-apa pada hari itu.

Ini juga menjadi pertanyaan yang cukup sering muncul dari balasan email saya. Dipungkiri atau tidak hal ini pun terjadi di saya, mungkin Anda juga mengalaminya.

Sering mengalami hal tersebut membuat saya sadar bahwa dari sekian jam tersebut hanya beberapa jam saja waktu produktif yang saya gunakan untuk bekerja.

Baca juga : Pakaian bekas dan Michael Jordan

Di Indonesia sendiri saya sering menemukan bahwa sebagian orang sangat buruk sekali dalam mengelola waktu.

Karenanya, banyak dari pelatihan-pelatihan manajemen waktu dengan nilai jutaan sangat laris di Indonesia.

Bahkan tidak sedikit yang membuatnya dalam bentuk buku.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah menyampaikan dalam salah satu riwayatnya:
“Ada 2 kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (H.R. Bukhori no 6412).
Sebenarnya apakah yang membuat ini begitu sulit bagi sebagian orang?

Padahal setiap harinya kita sudah membuat reminder, to do list namun tetap saja tidak produktif.
Todd Dewett menulis sebuah artikel yang cukup menarik terkait hal ini dan akan saya bagikan kepada Anda yang tentunya sudah saya sederhanakan versi saya.
Namun jika Anda berharap kalo dari teknik ini bisa merubah hidup Anda secara bombastis siap-siap saja untuk kecewa karena ini sangat biasa saja.
Saking biasanya hal ini sampai kita kadang lupa melakukannya.

80/20 pareto principle

Salah satau prinsip yang masih saya pegang sampai saat ini.
Untuk Anda yang belum mengerti maksudnya, sederhananya begini:

Pada dasarnya dari setiap kegiatan yang Anda lakukan hanya ada 20% kegiatan Anda yang berdampak ke 80% hasil pekerjaan Anda

Begitu juga sebaliknya 80% kegiatan Anda hanya akan berdampak ke hanya 20% hasil pekerjaan Anda.

Karenanya fokuslah ke 20% kegiatan yang berdampak besar.

Untuk 80% lainya saya sarankan untuk Anda alihkan menggunakan layanan aplikasi untuk Anda otomatisasi atau bisa Anda serahkan kepada tim atau mungkin Anda bisa sewa orang dari luar untuk mengerjakannya.

Inilah pendekatannya, mengapa sangat merekomendaiskan untuk menggunakan layanan pihak ke-3 seperti Konsultan Jasa SEO untuk membantu anda dalam melakukan pemasaran menggunakan Search Engine.  Ini termasuk Mindset Bisnis Online yang harus anda pegang.

Anda bisa mempelajari prinsip ini langsung dari penulis bukunya Richard Koch:

 

Einstein Window

Sebuah istilah yang disebutkan Dr Dewwet, sederhananya carilah waktu dimana pada waktu itu Anda sangat produktif dalam 1 hari.

Pada waktu tersebut tubuh Anda terasa semangat, senang, bergairah, bahkan pekerjaan menyebalkan bisa Anda selesaikan di waktu ini.

Tentunya tiap orang berbeda-beda ada yang pagi hari, siang terik, malam hari, sepertiga malam dan lain-lain, hanya Anda yang tahu.

Untuk mencarinya memang harus ada sedikit usaha dari diri Anda, kasarnya adalah paksakan diri Anda untuk menemukan waktu tersebut.

Karena saya percaya pasti ada, itu juga yang saya lakukan.

Saya sendiri biasa mengerjakan sesuatu pada saat suasana tenang dan sendiri, baik itu pagi atau malam selama suasana tenang, sunyi, sepi.

Waktu yang dimana membuat saya bisa berpikir tenang dan produktif, hingga keluar ide-ide liar.
Saya kutip kata-kata dari Brian Tracy:
“Time management requires self-discipline, self-mastery and self-control more than anything else.”
Kalau kita terjemahkan, kurang lebih artinya:
Manajemen waktu membutuhkan disiplin diri, penguasaan diri, dan pengendalian diri lebih dari apa pun.
Jadi harus dipaksakan.

Protect the window

Setelah Anda menemukan waktu yang tepat, cepat segera lindungi waktu tersebut.
Contoh jika Anda pekerja pagi, pastikan jangan ganggu diri Anda dengan hal-hal sepele namun berbahaya seperti media sosial yang tentunya dapat menggangu fokus pekerjaan Anda.
Fokuslah mengerjakan 20% kegiatan utama Anda pada waktu tersebut.
Dunia tidak akan berakhir tanpa Anda membuka instagram atau facebook dan percayalah kalau itu memang keadaan darurat Anda akan tahu sendiri.

Hal ini terjadi di saya yang kurang lebih sudah berjalan selama 6 bulan.



Dari gambar diatas terlihat bahwa paling lama saya membuka media sosial hanya 14 menit dalam sehari dan rata-rata saya menghabiskan waktu di facebook hanya 6 menit sehari.

Butuh waktu tentunya untuk membentuk habbit seperti ini.
Rata-rata manusia membutuhkan waktu kurang lebih 21 hari atau 3 minggu untuk terbiasa dengan habit baru.
Dan membutuhkan kurang lebih 90 hari untuk membuat habit tersebut menjadi otomatis.
Jadi biasakan dulu selama 21 hari maka Anda akan terbiasa dengan sendirinya.

Saya biasanya lebih fokus dengan pekerjaan saya sebagai Konsultan SEO yang harus melayani banyak sekali pelanggan.

Umumkan kepada dunia

Seringkali seseorang mengganggu pekerjaan Anda bukan karena niat mereka ingin mengganggu, namun karena mereka tidak mengetahui bahwa Anda sedang berada ditengah pekerjaan penting.

Bisa dengan status whatsapp atau kalo Anda di ruangan tertentu pasang kertas di pintu dengan tulisan tidak bisa di ganggu atau mungkin Anda punya cara kreatif lainya.

0 komentar: